Cara Memasang Lampu Panel Indikator Mesin Genset yang Benar

Posted on

Cara Memasang Lampu Panel Indikator Mesin Genset yang Benar

Jual Genset – Untuk memudahkan masyarakat awam untuk mengetahui apakah aliran listrik yang berasal dari PLN telah menyala, kita perlu memasang lampu indicator tepat di area yang berdekatan dengan panel listrik. Kebutuhan akan lampu indicator sangat berkaitan erat nantinya dengan proses pemasangan mesin genset di dalam rumah kita, karena akan lebih baik bila mesin genset di rumah telah dilengkapi dengan teknologi canggih, yakni lampu indicator.

Fungsi lampu panel indicator ini sangat penting, yaitu untuk mengetahui jika aliran listrik PLN telah menyala lagi, jadi kita tidak akan membuang-buang banyak bahan bakar karena membiarkan mesin genset menyala terus menerus, kecuali kalau genset Anda sudah dibuat otomatis.

Supaya genset yang telah dipasang juga lengkap dengan panel yang rapi di dinding, Anda bisa memasang sendiri panel indikatornya. Panel indicator ini bisa ditemukan dengan mudah di toko listrik atau cukup gunakan lampu biasanya dengan cara memasang fitting lampunya lebih dahulu di jarak terdekat dengan panel indicator. Inilah tata cara pemasangan lampu indicator yang baik dan benar;

  1. Sebelum mencoba cara ini, pastikan lebih dahulu jika instalasi genset kita memakai change over switch maupun saklar engkol maupun saklar handle.
  2. Setelah itu pasanglah fiting lampu termasuk dengan kabelnya baru kemudian ditemepatkan di lokasi yang dekat dengan panel, jangan sampai Anda lupa unuk memberi warna yang berbeda untuk kedua buah lampu, yang pertama untuk lampu PLN dan selanjutnya untuk lampu mesin genset, akan lebih baik bila menggunakan warna lampu hijau atau merah.
  3. Bukalah box saklar handle lantas pasang kabelnya dari tiap lampu. Jangan lupa untuk memerhatikan masukan baik dari kabel mesin genset lalu pasang kabel lampu yang berwarna merah pada fasa mesin genset dan satu laginya ke negative genset, hendaknya Anda tidak lupa untuk mematikan MCB PLN yang ada di bawah materainya.
  4. Sedangkan untuk PLN, Anda bisa menghubungkan kabel pada lampu ke fasa PLN dan satu lagi pada negative PLN
  5. Bila semuanya sudah benar lalu kabel yang ada di dalam box telah Anda rapikan, maka pasang lagi penutup boxnya

Untuk tes lampu indicator panel ini, Anda bisa mencobanya dengan cara mengembalikan posisi ON MCB PLN bila PLN menyala otomatis lampu indicator PLN yang warnnya hijau akan menyala lalu cobalah untuk menghidupkan mesin genset maka otomatis lampu wana merah akan turut menyala, jadi dua lampu akan menyala dengan baik, dari sini Anda bisa tahu jika baik genset maupun PLN tengah menyala, segera matikan gensetnya agar tidak boros.