Makanan ini yang sring bikin sembelit

Posted on

Sering Susah BAB? Mungkin 7 Makanan Enak Ini Jadi Penyebabnya!

Gejala sembelit dapat diakibatkan oleh tidak sedikit faktor. Seperti tidak cukup cairan tubuh dan tidak cukup konsumsi makanan berserat. Namun, sejumlah jenis makanan tertentu ternyata juga dapat memicu terjadinya sembelit lho.

Keju, es krim, dan dairy product lainnya dikenal sebagai makanan yang dapat menyebabkan konstipasi alias sembelit. Mark Spielmann, Manajer Nutrisi di Rumah Sakit La Rabida, Chicago, menuliskan produk yang tercipta dari susu berisi lemak tinggi, yang berbanding terbalik dengan jumlah seratnya.

Baca juga: Agen Slondok

   jual slondok pedas manis

“Produk-produk dari susu sapi seringkali mengakibatkan konstipasi, khususnya pada balita,” ujarnya. Untuk menangkal sembelit, kata dia, mungkin dapat coba sherbets buah sebagai gantinya.

Sebenarnya daging merah atau sekian banyak jenis lainnya bukan penyebab spesifik sembelit. Hanya saja, banyak sekali orang memilih daging atau ayam utuh sebagai lauk, dibanding daging yang ditumis bareng sayur. Padahal produk hewani tidak berisi serat dan punya lemak bosan tinggi yang lebih lama dicerna.

Mark Spielmann menuliskan tak terdapat yang salah dengan santap daging, sekitar ada kombinasinya berupa sayur atau buah-buahan tinggi serat. “Misalkan santap salad sebagai pendamping steak,” kata dia.

Camilan semacam keripik kentang kemasan biasanya tidak sedikit dipilih saat lapar. Padahal makanan ini punya kandungan lemak dan garam yang tinggi. Garam berpotensi menciptakan kita dehidrasi. Padahal tubuh perlu cairan guna memproses makanan.

Belum lagi makanan tersebut telah diproses sedemikian rupa dengan zat kimia tambahan, laksana perasa dan pengawet. Ada baiknya selingi masa-masa snacking dengan buah-buahan atau oats yang kaya serat pangan.