Berwisata Religi Dengan Mengunjungi 5 Masjid Unik di Jakarta

Masjid Unik di Jakarta – Masjid tidak hanya menjadi tempat umat muslim beribadah saja. Ide kreatif dari manusiasebagai ciptaan Tuhan telah membangun masjid-masjid unik dan menarik sehingga sangat cocok digunakan sebagai  lokasi wisata religi yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keimanan. Jakarta sebagai Ibu kota Indonesia dengan mayoritas muslim memiliki banyak sekali masjid unik sebagai lokasi  wisata religi.

5 wisata religi masjid terunik di Jakarta yang wajib disinggahi

  1. Masjid Istiqlal

Masjid yang sudah ditetapkan sebagai masjid Nasional Indonesia ini memiliki daya tampung sekitar 200.000 jemaah ini dinobatkan sebagai masjid terbesar se Asia Tenggara. Memerlukan waktu sekitar 17 tahun untuk membangun masjid Istiqlal. Masjid yang dirancang oleh arsitek seorang Protestan ini mengangkat tema ‘Ketuhanan’ yang menggabungkan nilai-nilai islam dan nasionalisme.

  1. Masjid Ramlee Mustofa

Masjid yang dijuluki Taj Mahal Indonesia ini dibangun oleh H Ramlee, keturunan Cina yang memeluk Islam. Masjid yang dibangun berhadapan dengan danau Sunter ini sangat unik karena di dalamnya terdapat perpaduan budaya Cina dan Arab. Marmer masjid ini didatangkan langsung dari Turki dan Italia. Karpet masjid di produksi oleh agen jual karpet masjid di Jakarta yang memproduksi karpet kualitas terbaik.

Pembangunan masjid ini oleh  H Ramlee memang terisnspirasi dari Taj Mahal ketika ia mengunjungi Arga, India sekitar tahun 60an. Masjid dengan 3 lantai dan didominasi warna putih ini juga dilengkapi dengan lift untuk memudahkan pengunjung terutama pengunjung difabel. Sosok H Ramlee sendiri tidak banyak yang tahu karena ia sengaja menyembunyikan identitasnya agar tidak dipandang Riya’.

  1. Masjid Lao Tze

Masjid yang berada di Jakarta Pusat ini jika dilihat sekilas dari luar maka tampak seperti sebuah ruko karena penggunaan pintu kaca dorong dan diapit oleh ruko pula. Masjid dengan arsitektur Cina berwarna merah cerah ini merupakan tempat berkumpulnya komunitas Tionghoa Muslim. Masjid ini tidak buka setiap hari seperti kebanyakan masjid pada umumnya akan tetapi memiliki jadwal khusus.

  1. Masjid Cut Mutia

Bangunan ini dahulunya adalah kantor Biro Arsitek yang kemudian beralih fungsi menjadi kantor Pos, kantor Urusan Agam. Yang menjadi ke unikan masjid ini adalah posisi Mihrabnya yang berada di samping kiri dari shaf shalat dan posisi shaf yang terletak miring dikarenakan bangunan tidak tepat menghadap pada kiblat. Karpet khas Masjid Mutia dapat dibeli di agen Jual karpet masjid Jakarta.

  1. Jakarta Islamic Center

Masjid yang didirikan sebagai pusat ibadah dan mengkaji ilmu agama ini mengangkat tema Betawi yang dapat dilihat dari ornament yang dipasang. Selain itu, terdapat dua replika Al-Qur’an Mushaf Jakarta disisi kiri dan dan kanan ruangan Masjid. Di dalamnya juga teradapat banyak buku-buku dan kitab Al-Islam yang dapat dipergunakan pengunjung untuk menambah wawasan akan ilmu agama Islam.

About The Author