Perbandingan Antara Genset Diesel dengan Genset Gas

Posted on

Genset diesel, genset gas, dan genset bensin merupakan 3 jenis generator berdasarkan mesin. Genset jenis diesel merupakan genset yang paling populer dan banyak digunakan. Selain diesel genset jenis gas merupakan genset yang juga banyak digunakan. Baik genset diesel dan gas sama-sama dapat berfungsi baik menjadi penyuplai listrik ketika sumber listrik utama tidak berfungsi dengan baik alias mati.

Genset diesel banyak direkomendasikan untuk para pengusaha yang membutuhkan sumber listrik dengan kapabilitas menengah. Selain itu, genset diesel juga meruapakn pilihan terbaik bagi pengguna rumahan. Sementara genset gas cocok untuk perusahaan industri atau perusahaan yang membutuhkan suplai energi dalam jumlah yang besar. Keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Keunggulan dan Kekurangan Genset Diesel dan Genset Gas

Genset diesel memang diciptakan untuk keperluan rumahan dan usaha yang tidak memakan pasokan energi yang besar. Genset diesel banyak digunakan di rumah-rumah penduduk, rumah sakit, menara komunikasi, dll. Genset diesel relatif lebih mudah dipasang jika dibandingkan dengan genset gas. Genset gas sangat cocok untuk digunakan pada industri. Genset gas membutuhkan area dimana distribusi gas berfungsi normal atau lancar.

Baik genset diesel maupun genset gas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Memahami keduanya akan membuat Anda lebih selektif dan cerdas dalam memilih. Selain itu, mendapatkan pengetahuan tersebut akan memberikan pertimbangan tambahan sebelum Anda menentukan genset dengan mesin apakah yang dibutuhkan. Pilihan antara keduanya tidak ditentukan oleh kata ‘terbaik’ tetapi ditentukan oleh kata ‘cocok’.

Berikut adalah keunggulan dari genset diesel.

  1. Mudah diakses dan mudah dipindah tempat.
  2. Biaya perawatan yang relatif murah.
  3. Memiliki risiko kebakaran yang rendah.

Berikut adalah kekurangan dari genset diesel.

  1. Menghasilkan polusi udara yang banyak.
  2. Karena polusi udara tersebut, diterapkan standar yang ketat terhadap pengoperasian. Anda harus melakukan penambahan perangkat atau filter untuk membuat diesel beroperasi sesuai standar.

Berikut adalah keunggulan dari genset gas.

  1. Bahan bakar yang lebih bersih dan lebih murah.
  2. Tidak menimbulkan bau dari bahan bakar.
  3. Mudah beradaptasi pada beberapa kondisi panas.

Berikut adalah kekurangan dari genset gas.

  1. Lokasi pemasangan tidak bisa bebas. Harus terdapat distribusi natural gas di area pemasangan.
  2. Jika terdapat bencana, suplai gas (natural) dapat terganggu.
  3. Memiliki risiko kebakaran yang lebih tinggi ketimbang genset diesel.
  4. Biaya produk dan perawatan lebih mahal.

Bagi Anda yang membutuhkan genset untuk dipasang di rumah, genset diesel merupakan pilihan yang paling aman dan umum. Begitu juga dengan Anda yang hendak memasang genset untuk usaha non-industri besar. Anda dapat mencari toko baik online maupun offline yang jual mesin diesel yanmar atau genset dengan mesin diesel lainnya. Saat ini penjual genset tidak sulit ditemukan, termasuk di internet.

Genset Diesel Pilihan Aman dan Umum

Memilih genset diesel merupakan pilihan aman dan umum. Anda tidak membutuhkan genset yang memang diperuntukkan dan cocok untuk industri besar. Apalagi Anda tidak mungkin menyiapkan distribusi gas alam untuk genset yang digunakan untuk supali listrik yang tidak begitu besar. Anda dapat mencari tempat jual genset murah di surabaya dan di kota-kota besar lain.

Membeli genset dari kota besar bagi Anda yang berasal dari kota kecil dapat menghemat anggaran karena biasanya genset di kota besar dijual lebih murah ketimbang di kota kecil. Hanya saja Anda harus memperhitungkan biaya pengiriman dan support yang tersedia. Jangan lupa untuk menyesuaikan daya listrik genset dengan daya listrik yang akan Anda gunakan.