Tips Memilih Karpet Sesuai Ruangan

Ketika Anda mendengar karpet, mungkin Anda akan menganggap karpet sebagai barang yang sepele. Padahal jenis karpet yang Anda gunakan dapat sangat mempengaruhi kesan yang diberikan apabila diletakkan pada ruangan dengan nuansa yang berbeda. Karpet harus disesuaikan dengan fungsi ruangan karena akan mempengaruhi suasana ruangan tersebut.

Anda juga tidak perlu khawatir mencari berbagai jenis karpet karena banyak sekali jenis karpet yang ada di toko-toko terutama di kota besar. Bahkan beberapa toko yang jual karpet masjid di  wilayah kota Bekasi atau kota besar lainnya di sekitar Jakarta sudah paham tentang hal ini sehingga Anda dapat bertanya langsung ke penjual karpet. Namun ada baiknya Anda juga mengetahui tips memilih karpet agar tidak menyesal setelah terlanjur membelinya.

1. Pilih kelembutan sesuai fungsi ruangan

Kamar tidur memiliki fungsi untuk beristirahat sehingga yang paling cocok adalah karpet dengan tekstur yang lembut karena memberikan kenyamanan yang tinggi. Ruang makan sangat cocok jika menggunakan karpet yang mudah dibersihkan karena sangat besar kemungkinan adanya makanan yang jatuh. Untuk raung keluarga paling cocok menggunakan karpet dengan bulu pendek dan kualitas yang baik karena sering digunakan dengan aktivitas yang tinggi.

Untuk karpet yang digunakan di halaman rumah ataupun sudut outdoor rumah lainnya akan sangat baik menggunakan karpet dengan bagian dasar atau bagian bawah yang tebal agar tidak cepat rusak. Karpet yang digunakan untuk sholat akan sangat nyaman jika memiliki tekstur yang tebal dan lembut karena ketika sujud dahi akan menekan ke karpet sehingga jika karpetnya tipis akan terasa nyeri.

2. Sesuaikan motif dengan ruangan

Jika ruangan yang ingin diberi karpet cukup kecil atau sudah terasa sempit karena banyak barang-barang, maka disarankan memilih karpet yang berwarna polos karena akan memberikan kesan lebih lega dibanding karpet bermotif. Jika ruangan agak luas maka justru kebalikannya, akan lebih bagus menggunakan karpet bermotif.  Motif dapat Anda sesuaikan, jika ruangan bermain anak, Anda bisa gunakan karpet bermotif playful, jika di ruang kamar dewasa dapat menggunakan motif yang elegan.

3. Gunakan warna yang tidak mencolok terhadap ruangan

Karpet tentunya bukan barang yang ingin Anda pamerkan atau Anda tonjolkan di ruangan Anda. Pemilihan warna menjadi sangat penting karena harus disesuaikan dengan warna dinding ruangan atau bahkan barang-barang di ruangan. Contohnya jika ruangan Anda memiliki gaya tropical exotic atau ala-ala dinding  atau lantai kayu maka akan tidak cocok jika memakai karpet warna merah, akan lebih cocok jika berwarna coklat atau hitam.

4. Bahan karpet 

Setiap jenis karpet akan memiliki daya serap terhadap debu yang berbeda. Karpet yang terbuat dari bahan wol akan lebih mudah menyerap debu. Namun bahan wol akan terasa lebih hangat dan awet dibanding bahan rami. Selain itu bahan wol memang lebih mudah untuk dibersihkan.

Jika Anda masih bingung untuk memilih karpet Anda bisa diskusikan dengan penjaga yang jual karpet rumah atau jual karpet masjid di wilayah kota Bekasi atau kota-kota besar lainnya. Jangan ragu untuk memilih karpet yang cocok untuk ruangan Anda.

About The Author